Sitem Pendidikan Di Singapura dan Sistem Pendidikan Indonesia Saat Ini dan Perbandingannya

Sitem Pendidikan Di Singapura dan Sistem Pendidikan Indonesia Saat Ini dan Perbandingannya
Kurikulum di Singapura
Kurikulum, banyak orang mengenal kosakata tersebut karena merupakan bagian dasar dari berbagai lembaga pendidikan. Kurikulum atau yang biasanya dikenal sebagai seperangkat mata pelajaran dari lembaga pendidikan yang diberikan kepada setiap pelajar dalam jenjang periode tertentu. Dalam pembahasan lebih lanjut akan dipaparkan mengenai kurikulum di Singapura, seperti apa saja pola penyusunan perangkat mata pelajaran dari lembaga pendidikan di Singapura. Kurun waktu yang ditentukan dalam satu kurikulum disesuaikan dengan visi serta misi yang hendak dicapai suatu oleh lembaga pendidikan. Kurikulum yang diciptakan ini diharapkan dapat mengarahkan pengajaran ke arah yang fokus terhadap tujuan pendidikan secara menyeluruh.

Kurikulum yang disediakan dalam berbagai lembaga pendidikan di Singapura terbagi menjadi beberapa cakupan secara luas, holistik dan bersifat global. Hal ini dapat dilihat dari yang paling sederhana yaitu kebijakan dwibahasa yang diterapkan oleh Singapura. Bahasa Inggris memang dijadikan sebagai bahasa kerja yang umum, namun setiap pelajar juga diwajibkan untuk menguasai bahasa ibu (atau bahasa daerah asal mereka, seperti Malay, Cina, atau Tamil). Kewajiban menguasai bahasa daerah asal mereka bertujuan agar setiap pelajar tidak kehilangan identitas diri mereka dan menjaga warisan budaya leluhur.

Setelah hal yang paling sederhana diterapkan oleh Singapura, selanjutnya beralih kepada tujuan dari kurikulum itu sendiri. Tujuannya adalah untuk menggali potensi yang dimiliki setiap pelajar secara maksimal, mengembangkan bakat dan talenta serta mengangkat semangat mereka dalam mempelajari nilai-nilai kehidupan lainnya. Berbagai pengajaran dan keterampilan diturunkan untuk memberikan pengalaman langsung bagi mereka, mulai dari pelajaran yang berbasis aksara seperti berhitung, ilmu pengetahuan umum, nilai estetika, nilai humaniora, pendidikan moral, hingga pendidikan fisik.

Jika ditelaah lebih lanjut dari beberapa kurikulum yang diterapkan oleh Singapura, maka sebenarnya pengajaran mereka tidak jauh berbeda dengan apa yang bisa kita temukan di sekolah-sekolah tinggi Indonesia. Namun apa yang menjadikan kurikulum di Singapura ini berbeda dengan kurikulum diIndonesiamungkin terletak pada strategi pengajaran serta pola penilaian yang ditetapkan oleh masing-masing Departemen Pendidikan.
========================================================================
Sistem Pendidikan Indonesia Saat Ini 
Logo Pendidikan Indonesia 

Makna Lambang :
  1. BIDANG SEGILIMA (Biru Muda), menggambarkan alam kehidupan Pancasila. 
  2. SEMBOYAN “TUT WURI HANDAYANI”, digunakan oleh Ki Hajar Dewantara dalam melaksanakan sistem Pendidikannya. Pencantuman semboyan ini berarti melengkapi penghargaan penghormatan kita terhadap almarhum Ki Hajar Dewantara yang hari lahirnya telah dijadikan Hari Pendidikan Nasional. 
  3. BELENCONG MENYALA BERMOTIF GARUDA, Belencong (menyala) merupakan lampu yang khusus dipergunakan pada pertunjukkan Wayang Kulit. Cahaya belencong membuat pertunjukkan menjadi hidup. Burung Garuda (yang menjadi motif belencong) memberikan gambaran sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani mengarungi angkasa luas. Ekor dan sayap Garuda digambarkan masing-masing lima, yang berarti: satu kata dengan perbuatan Pancasilais. 
  4. BUKU, Buku merupakan sumber bagi segala ilmu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. 
  5. WARNA,
·  Warna putih pada ekor dan sayap garuda dan buku berarti suci, bersih tanpa pamrih.
·  Warna kuning emas pada nyala api berarti keagungan dan keluhuran pengabdian.
· Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian yang tak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam (pandangan hidup pancasila).
 
Sistem Pendidikan Indonesia Saat Ini
Dewasa ini, dunia pendidikan di Indonesia kerap kali menjadi bahan pembicaraan berbagai pihak mulai dari masyarakat biasa sampai para petinggi sekalipun. Banyak aspek yang dibahas ketika membicarakan sistem pendidikan di Indonesia mulai dari segi kurikulum, segi akademis hingga kualitas para peserta didik. Dilihat dari segi kurikulum, sistem pendidikan Indonesia dinilai terlalu kompleks karena jumlah mata pelajaran yang harus diemban oleh peserta didik cukup banyak, seperti contoh siswa kelas 1 SD sekarang harus mendapat 10 mata pelajaran padahal mereka amsih dibawah 10 tahun. Lebih ironis lagi, ketika kita melihat ‘hajatan besar’ dunia pendidikan Indonesia yaitu ujian nasional yang masih saja terus dijalankan meskipun banyak menuai kontroversi. Alih-alih membuat pemerataan kualitas pendidikan, ujian nasional malah membuat peserta didik ketar-ketir yang akhirnya membuat sebagian besar siswa yang kurang percaya diri akan kemampuan akademisnya melakukan kecurangan dan mengambil jalan pintas dengan membeli kunci jawaban. Ujian nasional dan kunci jawaban seperti dua mata uang yang tak bisa dipisahkan. Meskipun disetiap ujian nasional Kementerian pendidikan nasional memberi pernyataan bahwa soal UN tidak bocor dan disimpan ditempat yang aman namun, tetap saja kunci jawaban itu beredar di kalangan peserta didik baik di kota-kota besar sampai di pelosok sekalipun. Hal yang harus diperhatikan adalah Ujian nasional sering menjadi stimulus bagi sebagian siswa untuk mencari jalan pintas dan melakukan kecurangan yang tentunya perilaku ini bukanlah perilaku terpuji. Bahayanya lagi, bila perilaku ini terus terbawa sampai siswa tersebut lulus dan bekerja di sebuah institusi atau perusahaan tentunya perilaku ini akan menjadi cikal bakal tumbuhnya perilaku korupsi. Melihat kualitas sistem pendidikan Indonesia yang masih kurang mumpuni, sudah saatnya kita sebagai mahasiswa bersinergi dengan semua pihak untuk memikirkan nasib bangsa kita kedepan. Karena pendidikan merupakan sebuah cermin masa depan bangsa dimasa yang akan datang. Selain itu, pendidikan juga merupakan sebuah pondasi yang vital bagi kepribadian dan kualitas sumber daya manusia.
Sumber : http://www.kompasiana.com 
Perbandingan Sistem Pendidikan di Indonesia dan Singapura


Lihat riviewnya di bawah ini !!! 


Silahkan Download Perbandingan Sistem Pendidikan di Indonesia  dan Singapura DI SINI

Hasil dari berbagai sumber disimpulkan bahwa sistem pendidikan di Singapura merupakan sitem pendidikan terbaik di dunia. 
Demikianlah informasi sistem pendidikan di Indonesia dan Singapura. Semoga bertambah wawasan kita. Amin

0 komentar