Apa itu Remidial dan Pengayaan? Dan Download Format Program Remedial Dan Pengayaan Kurikulum 2013 Microsoft Word

Apa itu Remidial dan Pengayaan? Dan Download Format Program Remedial Dan Pengayaan Kurikulum 2013 Microsoft Word
Apa itu Remidial dan Pengayaan? Dan Download Format Program Remedial Dan Pengayaan Kurikulum 2013 Microsoft Word
Selamat berjumpa kembali dengan kami "Library Guru" yaitu blog yang memuat tentang dunia pendidikan. Pada kesempatan ini admin hadir memberikan pengertian program remedial dan pengayaan kurikulum 2013 yang digunakan pada setiap kurikulum di Indonesia, Yang tentu program remedial dan pengayaan dibutuhkan oleh setiap guru di sekolah untuk membantu peserta didik yang belum tuntas.

Apa Itu Program Remedial Dan Pengayaan?
Program remdial dan program pengayaan keduanya adalah program yang tidak dapat dipisahkan dan saling berhubungan dalam pembelajaran dan evaluasi kompotensi peserta didik/
Program remedial dan pengayaan selalu digunakan ketika ada siswa yang kurang mampu dan ada siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata.
Baca juga :
Informasi dan Aplikasi Sederhana UNBK 2018 untuk SMP/SMA/SMK
Pengertian Program Remedial

Program rmedial adalah adalah program yang digunakan oleh pendidik untuk membantu siswa yang belum tuntas dalam kelas pada mata pelajaran tertentu. Program remedial dilakukan dengan 2 cara yakni mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran tertentu dan yang kedua memberikan perlakuan khusus (treatmen), atau mengulangi materi yang belum dipahami oleh siswa sehingga siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

Dalam satu kelas yang terdiri dari kemampuan siswa yang berbeda pastinya ada siswa yang mampu dan ada siswa yang kurang mampu ketika dihadapkan pada evaluasi. Maka program remedial menjadi program yang handal untuk dipakai sebagai pedoman membelajaran siswa yang kurang mampu.

Metode yang digunakan guru pada program remedial tergantung sifat dan jenis kesulitan belajar peserta didik di kelas. Disini guru dituntut mampu menganalisa jenis dan kesulitan belajar siswa sehingga jenis remedial yang diberikan tepat sasaran dan benar-benar dapat membantu kesulitan belajar siswa

Bagaiamana Cara Guru melakukan kegiatan remedial?

Kita tahun bahwa pelaksanaan remedial bukan untuk memberikan ulang ulang kepada siswa tetapi memberikan pembelajaran ulang kepada siswa yang belum mencapai target yang diharapkan. Guru harus mampu menganalisa kesulitan belajar siswa.
Guru harus memberikan pembelajaran ulang kepada siswa pada kompetensi dasar yang belum dikuasai oleh siswa. setelah diberikan pembelajaran ulang pada KD tertentu barulah guru memberikan evaluasi ulang kepada siswa tersebut. Pada siswa tersebut KD mana yang ia belum tuntas, sehingga dalam pelaksanaan remedial tidak lagi mengambil semua KD hanya pada KD yang belum tuntas saja.

Apabilas siswa sudah mencapai standar minimal akibat kegiatan remedial maka siswa diarahkan untuk masuk dalam tahap evaluasi

Teknik Pembelejaran remedial bagi guru

Teknik pembelajaran remedila tidak sulit hanya saja guru mampu menganalisa kd yang belum dikuasai oleh siswa. teknik pembelajaran remedial bisa dilakukan secara berkelompok bisa juga guru melakukan secara individual. Metode yang dapat diterapkan oleh siswa bisa menggunakan metode diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, kerja kelompok atau mengunakan tutor sebaya.

Program Pengayaan
Program pengayaan adalah jenis kegiatan yang memberikan pembelajaran kepada siswa yang telah memiliki kemampuan ditas rata-rata yang ditentukan. Sebelum kegiatan pengayaan dilkasanakan guru harus benar-benar mempersiapkan secara matang median yang akan digunakan.

Guru harus memperhatikan minat, baka, kecerdasaran, potensi, kemampuan masing-masing siswa yang akan mengikuti kegiatan remedial. Dalam kegiatan pengayaan lebih terfokus pada pengembangan kompetensi siswa dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Yang perlu diperhatikan guru dalam kegiatan pengayaan adalah faktor waktu, adakah waktu yang tersedian untuk program pengayaan, Disini guru harus mampu mengelola waktu untuk pembejaran pengayaan sehingga tidak meangganngu siswa yang melakasanakan kegiatan remedial

Contoh Program remedial dan pengayan 2013

Pada kesempatan ini juga admin membagikan contoh program remedial dan pengayaan K13 yang dapat digunakan oleh guru. Untuk mendownload file program remedial dan pengayaan K13 ini klik tombol download dibawah ini

Itulah artikel yang berkaitan dengan program remedial dan pengayaan kurikulum 2013 kami sajikan dalam format microsoft word.

0 komentar