Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Postingan ini yaitu sebagai materi umum dalam bimtek kurikulum 2013 yang biasa dipergunakan dalam pelaksanaan penyelenggaraan bimtek yang disampaikan oleh narasumber/pemateri/instruktuk. Dalam pendidikan karakter atau disingkat PPK kami sajikan PPK sebagai suplemen yaitu terdiri dari 3 buah suolemen diantaranya yaitu :
1. Olah Hati
2. Kuis Kreatif
3. Rahasia Perkawinan Bahagia
Marilah kita bahas satu persatu.

1. Olah Hati
Dalam pembelajaran Bimtek kurikulum 2013 biasanya nara sumber suka menampilkan presentassi-presentasi sebagai media pemeblajarannya. Seperti pada materi PPK dalam Bimtek K-13 ini.
Emosi sangat mempengaruhi kehidupan manusia ketika dia mengambil keputusan. Tidak jarang suatu keputusan diambil melalui emosinya. Tidak ada sama sekali keputusan yang diambil manusia murni dari pemikiran rasionya karena seluruh keputusan manusia memiliki warna emosional. Jika kita memper-hatikan keputusan-keputusan dalam kehidupan manusia, ternyata keputusannya lebih banyak ditentukan oleh emosi daripada akal sehat.
Dari hasil peneliti-annya ia menemukan situasi yang disebut dengan when smart is dumb, ketika orang cerdas jadi bodoh. 
Ia menemukan bahwa orang Amerika yang memiliki kecerdasan atau IQ di atas 125 umumnya bekerja kepada orang yang memiliki kecerdasan rata-rata 100. Artinya, orang yang cerdas umumnya menjadi pegawai kepada orang yang lebih bodoh dari dia. Jarang sekali orang yang cerdas secara intelektual sukses dalam kehidupan. Malahan orang-orang biasalah yang sukses dalam kehidupan.
Silahkan unduh ppt olah hati >>> di sini

2. Kuis Kreatif

Silahkan unduh ppt kuis kreatif >>> link 1 di sini >>> link 2 di sini

3. Rahasia Perkawinan Bahagia


Ini adalah sebuah cerita yang menggambarkan perkawinan yang bahagia dengan sebuah kotak ajaib. Sebuah kisah seorang pria dan wanita yang telah menikah selama lebih dari 60 tahun. Mereka berbagi segalanya. Mereka berbicara tentang segala hal. Mereka tidak menyimpan rahasia satu sama lain kecuali bahwa wanita tua kecil itu mempunyai sebuah kotak sepatu yang ia letakkan di bagian atas lemari. Ia telah mengingatkan suaminya untuk tidak membuka atau bertanya tentang kotak sepatu itu.

Silahkan unduh kisahnya >>> di sini

Demikianlah postingan dalam bimtek k-13 tentang penguatan pendidikan karakter sebagai suplemen ini. Semoga sukses selalu.

0 komentar