Cerita Rakyat Jawa Barat Asal Mula Pulau Mas



Cerita Rakyat Jawa Barat 
Asal Mula Pulau Mas

Pulau Mas adalah nama sebuah pulau kecil yang dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata ini mempunyai sebuah cerita rakyat tersendiri mengenai asal muasal Pulau Mas tersebut sehingga dinamakan sebagai Pulau Mas.

Alkisah suatu hari Raden Wiralodra akan membuka hutan Indramayu untuk dijadikan pemukiman atau pedukuhan.

Namun, usaha itu banyak mengalami halangan dan rintangan yang mengganggu rencananya. Salah satu kendala yang sangat berat adalah ia harus berhadapan dengan jin penguasa hutan Indramayu.

Jin itu akan membinasakan setiap orang yang mencoba mengusik kekuasaannya.
Begitu pula saat ada Raden Wiralodra yang sedang membabat hutan Indramayu untuk dijadikan tempat tinggal, maka dengan serta merta si jin marah dan menghalau rencana Raden Wiralodra.

Akibatnya, pertempuran pun tidak dapat dielakkan. Raden Wiralodra yang gagah perkasa berhadapan dengan makhluk jin yang terkenal sangat sakti. Keduanya mengeluarkan semua ilmu kedigjayaan masing-masing.

Tidak diketahui berapa lamanya pertempuran itu terjadi, namun kuasa Tuhan menentukan bahwa manusia-lah yang harus menang. Raden Wiralodra berhasil mengalahkan jin.

Setelah jin itu takluk, ia mohon kepada Raden Wiralodra agar diberi kebebasan untuk hidup di sebuah pulau. Di sana ia tidak akan mengganggu manusia lagi, terutama keturunan Raden Wiralodra.

Pendek kata, Raden Wiralodra mengabulkan keinginan makhluk jin tadi. Maka pergilah jin itu menuju ke sebuah pulau. Ia menetap di pulau itu sampai kini.

Masyarakat sekitar pulau tersebut, jika malam hari sering melihat pulau tersebut bercahaya kekuningan seperti sinar emas, maka disebutlah Pulau tersebut dengan nama Pulau Mas.

Demikian postingan artikel kali ini.
Salam Library Guru

0 komentar